______________________________________________________________

MEMILIH DISTRO LINUX


Memilih distro linux

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan linux sebagai Sistem Operasi, tulisan ini mungkin dapat membantu Anda. Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial


Jumlah distro linux yang tersedia sekitar 100 lebih dan kemungkinan akan terus bertambah (Distrowatch.com). Bagi pemula tentu ini menjadi pertanyaa, distro apa yang mau dipilih. Kekayaan pilihan seperti yang membedakan linux dengan windows. Berikut beberapa pertimbangan dalam memilih distro linux menurut penulis:

Pertama : Support (dukungan)
Dukungan dari pengembang demi kelangsungan suatu distro, dan forum/komunitas yang membahas suatu permasalahan yang dihadapi bagi pengguna linux.

Kedua : Popularitas
Salah satu web yang terkenal untuk mengetahui popularitas distro Linux adalah distrowatch.com, yang menyusun ranking distro berdasarkan HPD (Hit Per Day)
3. Pilih distro yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di sekitar Anda.
4. Distro yang paling mudah diinstalasi dan dikonfigurasi, sehingga siap digunakan tanpa banyak masalah, paling tidak menurut teman-teman di sekitar Anda.
5. Distro yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan Anda menggunakan komputer.
6. Distro yang menyediakan banyak aplikasi dan cepat update-nya.
7. Distro yang menyediakan dukungan teknis, sehingga Anda mudah mendapatkan jawaban jika menemukan masalah.
8. Distro yang sesuai selera (subjektif) Anda.
9. Distro yang dilengkapi fasilitas untuk kebutuhan lokal Anda, misalnya berbahasa Indonesia dan memiliki tampilan khas (theme) Indonesia.

Salah alternatif cara, dengan mencari di Google sehubungan masalah yang anda hadapi.

0 komentar:

Posting Komentar